Monday, February 3, 2014

Gelombang Misterius di Danau Loch Ness

Danau Loch Ness, Skotlandia

Saat mendengar nama Loch Ness, mungkin sebagian dari anda akan berfikir hal itu adalah monster. Loch Ness (Danau Ness) adalah danau besar yang terletak di Dataran Tinggi Skotlandia (57°18′LU 4°27′BT) yang memiliki panjang sekitar 37 km dari Fort Augustus ke titik di sebelah tenggara kota Inverness.

Lebar rata-rata danau ini sekitar 2 km , dan bagian terdalamnya sebesar 230 m. Permukaan Loch Ness terletak di ketinggian 15,8 meter di atas permukaan laut. - wikipedia


Pada tanggal 27 Agustus 2013, seorang fotografer amatir dikabarkan telah menangkap penampakan misterius dari danau Loch Ness.

Foto tersebut diambil oleh David Elder di Fort Agustus, sekitar 37 kilometer di ujung sebelah barat daya Loch Ness. David mengaku bahwa awalnya dia hanya ingin memotret angsa di danau Loch Ness. 

Dalam foto itu, terlihat sebuah gelombang kecil yang diduga disebabkan oleh semacam gerakan di permukaan danau.




“Kami sedang berada di dermaga di Fort Augustus dan saya ingin mengambil gambar angsa pada waktu itu, dan tiba-tiba dari sudut mata kanan saya tiba-tiba menangkap sebuah area hitam di air sekitar 15 meter panjangnya, yang kemudian menjadi semacam busur gelombang.” kata David.

"Satu-satunya hal yang bisa menyebabkan hal itu adalah sebuah objek hitam padat di bawah permukaan air." Ungkap David. 

Benarkah gelombang tersebut disebabkan oleh objek hitam ? Atau hanya efek dari tiupan angin ?

Pernah melihat ombak ? gulungan air besar ditepi pantai yang disebabkan oleh hembusan angin laut.

Sama halnya dengan ombak, gelombang juga dapat terbentuk karena hembusan angin hanya saja hembusan anginnya lebih kecil.

Tetapi menurut David, pada saat itu kondisi cuaca di Fort Agustus hening dan damai, tidak ada hembusan angin. Tanggapan itu didukung oleh orang-orang yang ada ditempat pada saat itu.

“Air menjadi seperti itu sebab dilalui sesuatu yang padat dan membuat gelombang. Kelihatannya seperti semacam gelombang yang mungkin dibuat oleh papan selancar angin, tetapi tidak ada orang di Danau Loch pada waktu itu, tidak ada perahu, tidak ada,” tambahnya lagi.


Jika benar gelombang itu disebabkan oleh objek padat, pertanyaan barunya adalah objek apa itu ?

Seperti yang kita tahu, Loch Ness dikenal dengan legenda Monster Loch Ness ("Nessie") .

http://didyouknow.org/graphics/animals/nessie.jpg
Nessie
Gambaran sosok Nessie

Mungkin saat ini anda memikirkan apa yang ada dipikiran saya.

Ya, Nessie ditunjuk sebagai pelaku terjadinya gelombang tersebut. Hal itu didukung oleh latar tempat terjadinya gelombang misterius itu. Coba gelombang tersebut terjadi di danau lain ? Mungkin orang mengira itu hanya gelombang biasa.

Cara gelombang ini menghilang juga dapat dibilang cukup misterius, kenapa ? Karena gelombang ini terus mengarah tengah danau dan berdurasi cukup lama ( sebuah gelombang kecil pada umumnya berdurasi sebentar )

Meski David Elder bersikeras bahwa gelombang itu disebabkan oleh objek padat, para ilmuan meyakini bahwa fenomena itu disebabkan oleh hal natural, embusan angin atau fenomena lainnya.

Sebenarnya tanggapan para ilmuan bisa saja benar. coba kita lihat lagi salah satu foto diatas.


Lihat gelombang-gelombang air kecil yang ada dilingkiran dan bandingkan dengan yang ditunjuk oleh anak panah. Mirip ? Mungkin ini salah satu faktor para ilmuan untuk beranggapan seperti itu. Sekilas memang berbeda, tetapi hal itu dikarenakan posisi gelombang yang jauh dari si pemotret menyebabkan gelombang terlihat lebih besar dan hitam.


Tidak hanya sekedar foto, tetapi David berhasil merekam penampakan misterius itu. 

Walaupun didukung dengan rekaman video, hal tersebut tidak mengubah tanggapan para ilmuan.

Benarkah gelombang itu disebabkan oleh objek padat ? atau hanya fenomena alami biasa ? Hal ini masih menjadi kontroversi sampai saat ini.

Source : google.com , wikipedia.org, indocropcircles.wordpress, youtube.com, huffingtonpost.co.uk

No comments:

Post a Comment

Copas artikel ini boleh, tapi sertakan dengan sumbernya ya.. Terima kasih.