Wednesday, January 29, 2014

Penampakan Naga di Parangtritis

Foto Penampakan Naga di Parangtritis

Foto ini diambil pada tanggal 22 Juli 2010 di pantai Parangtritis, Jogja.

Dalam foto diatas, terlihat 'badan' seekor naga bewarna kemerah-merahan dan separuh badannya tertutup oleh awan. Menurut kepercayaan warga sekitar, naga adalah tunggangan Nyi Roro Kidul, dan kebetulan foto tersebut diambil di pantai Parangtritis, Jogjakarta.

Daerah Parangtritis memiliki legenda dan kepercayaan bahwa Nyi Roro Kidul memiliki tunggangan seekor naga. Dengan kondisi yang mendukung seperti ini, tidak heran kalau objek itu dianggap sebagai seekor naga.

Untuk memecahkan misteri foto tersebut sebenarnya sangatlah mudah, hanya saja jika para saksi atau pemotret foto itu memberikan informasi bagaimana cara citra / naga itu menghilang. Jika citra itu menghilang secara perlahan-lahan dan menjadi bentuk yang tidak beraturan, maka citra itu hanyalah awan. Namun jika citra itu bergerak seperti ular, mungkin saja itu memang seekor naga.

Selain itu, seharusnya si pemotret mengambil gambar ujung dari "naga" tersebut. Jika tidak, maka foto ini bisa dengan mudah dianggap sebagai HOAX belaka atau editan photoshop

Lalu, benarkah apa yang ada di foto diatas adalah badan seekor naga ?

Menurut data yang saya kumpulkan, itu bukanlah seekor naga, tetapi hanya sederet awan yang membentuk formasi Morning Glory.

Awan morning glory adalah sebuah fenomena alam yang sangat langka. Awan ini pernah terlihat di banyak lokasi berbeda di seluruh dunia, namun hanya di bagian utara teluk Carpentaria di Australia dimana awan jenis ini dapat diprediksi dan diobservasi.


Morning Glory

Awan ini berbentuk seperti gulungan ombak yang panjangnya bisa mencapai 1.000 kilometer dengan ketinggian 1 hingga 2 kilometer. Awan ini tidak diam, melainkan bergerak dengan kecepatan yang lumayan kencang, yaitu 60 kilometer perjam.
 
Pada umumnya, awan ini hanya terbentuk dari satu gulungan awan saja, namun awan ini bisa terbentuk sampai 8 gulungan. 
  
Setelah anda melihat formasi awan Morning Glory mungkin anda langsung mengasumsi bahwa apa yang ada di foto tersebut hanyalah sekedar deretan awan. 

Pernah mendengar istilah pareidolia ? pareidolia adalah efek pada awan dimana awan tersebut berformasi seakan-akan menyerupai sesuatu.

Masih ingat dengan kejadian merapi ? Pada saat itu terlihat awan panas diatas merapi membentuk kepala Petruk.

Ya, itulah salah satu contoh efek pareidolia. 

Berikut ini adalah contoh efek pareidolia lain yang berbentuk naga : 

[gambar+awan+mirip+naga.jpg] 

Setelah melihat formasi awan Morning Glory, dan mengenal efek pareidolia apa tanggapan kalian tentang foto tersebut ?


 source : google , id.wikipedia, xfile-engima

No comments:

Post a Comment

Copas artikel ini boleh, tapi sertakan dengan sumbernya ya.. Terima kasih.