Wednesday, January 29, 2014

Legenda Naga

Siapa yang tak kenal dengan makhluk legenda yang satu ini ? Naga memang sangat terkenal dan telah menjadi pusat penelitian para ahli sejarah.

 


Naga, dalam berbagai peradaban dikenal dengan nama dragon (Inggris), draken (Skandinavia), Liong (Cina), dikenal sebagai makhluk superior yang berwujud menyerupai ular, kadang bisa menyemburkan api, habitatnya di seluruh ruang (air, darat, udara). Meskipun penggambaran wujudnya berbeda, namun secara umum spesifikasi makhluk tersebut digambarkan sebagai mahluk sakti. - wikipedia

 

Di dunia belahan barat, sosok naga digambarkan sebagai monster, cenderung merusak dan bersatu dengan kekuatan gelap. Siapapun yang dapat mengalahkan naga, akan mendapatkan gelar pahlawan atau kesatria. Singkatnya, Naga adalah ancaman bagi manusia.
Mitos dan dongeng rakyat tentang naga juga telah tumbuh di dunia Barat sejak berabad-abad silam. Naga di dunia Barat digambarkan sebagai kadal besar dengan 2 tangan dan 2 kaki yg memiliki sayap begitu besar, juga memiliki kemampuan untuk menyemburkan lidah-lidah api dan digambarkan memiliki gua bawah tanah. Naga seperti ini adalah naga yang terlihat dalam film Harry Potter and the Goblet of Fire & Harry Potter and the Deathly Hallows Pt.2 Naga ini selalu digambarkan memangsa manusia.

Berbeda dengan dunia belahan timur, sosok naga digambarkan sebagai dewa yang agung.  Masyarakat Dayak juga menggambarkan Naga sebagai penguasa dunia bawah dan Burung Enggang sebagai penguasa dunia atas.
Naga adalah satu-satunya makhluk mitos yang dijadikan Shio.

Dalam tradisi Cina juga terdapat makhluk bernama Liong atau Lung yang umumnya diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dengan istilah naga. Makhluk ini digambarkan sebagai ular berukuran raksasa, lengkap dengan tanduk, sungut, dan cakar, sehingga berbeda dengan naga versi India.
Naga versi Cina dianggap sebagai simbol kekuatan alam, khususnya angin topan. Pada umumnya makhluk ini dianggap memiliki sifat yang baik selama ia selalu dihormati. Naga dianggap sebagai penjelmaan roh orang suci yang belum bisa masuk surga. Biasanya roh orang suci menjelma dalam bentuk naga kecil dan menyusup ke dalam bumi untuk menjalani tidur dalam waktu lama. Setelah tubuhnya memebesar, ia bangun dan terbang menuju surga.
Keberadaan naga juga masih tanda tanya sampai saat ini, tetapi para ahli sejarah yakin bahwa naga pernah hidup berdampingan dengan dinosaurus. Mereka juga meyakini bahwa naga telah sepenuhnya punah akibat hujan meteor berabad-abad tahun yang lalu yang juga menghabiskan koloni dinosaurus.

Tetapi, tidak sedikit penampakan-penampakan sesosok naga yang ada pada jaman sekarang. 

Lalu, apakah naga itu masih ada sampai saat ini ?

Mungkin pertanyaan itu sempat ada dipikiran anda, begitu juga dengan saya.

Teori para sejarahwan yang menyatakan bahwa naga ikut punah bersama dengan dinosaurus memang sangat masuk akal, melihat keberadaan dinosaurus yang tidak ada sampai saat ini.

Pertanyaan baru pun muncul di benak saya, apakah naga benar ada atau hanya sekedar 'imajinasi' rakyat saja ?

Di negara China. sebagian ilmuwan berpendapat bahwa naga Cina merupakan makhluk khayal yang diciptakan oleh masyarakat zaman dahulu akibat penemuan fosil dinosaurus.


Bagaimana dengan fosil Naga itu sendiri ?
Sampai saat ini, belum ada penemuan fosil asli berbentuk kerangka Naga itu sendiri. Penemuan fosil pada umumnya adalah fosil kerangka dinosaurus.
Gambaran kerangka tulang seekor Naga
Struktur kerangka tulang seekor naga menurut para ilmuan seharusnya seperti gambar diatas, tetapi belum ada penemuan fosil dengan kerangka seperti itu.

Lagi-lagi tidak sedikit foto yang menggambarkan bahwa fosil naga itu benar-benar ada dan telah ditemukan.

Banyak orang iseng mempermainkan kebenaran makhluk mitos ini. Berikut beberapa foto HOAX tentang naga.

http://forum.figu.org/us/messages/863/7662.jpg 

http://4.bp.blogspot.com/_ziPJWp4LX_o/S7cyUva4VlI/AAAAAAAAEPY/ud6Y0y5UPyw/s1600/icedragonphoto2.JPG

 

Ada video HOAXnya juga
 

Walau banyak foto-foto dan video buatan, ada beberapa foto dan video tentang penampakan naga yang sempat menggemparkan dunia. 

Penutup
Keberadaan Naga memang masih menjadi tanda tanya besar sampai saat ini. Ada atau tidaknya makhluk mitos ini kembali kepada kepercayaan masing-masing.

No comments:

Post a Comment

Copas artikel ini boleh, tapi sertakan dengan sumbernya ya.. Terima kasih.