Saturday, February 15, 2014

The Flying Dutchman

The Flying Dutchman, legenda yang sudah sangat amat terkenal dan masih menjadi misteri sampai saat ini.  The Flying Dutchman adalah kapal hantu legendaris yang tidak dapat berlabuh alias terkutuk untuk mengarungi lautan selamanya.


Flying Dutchman selalu terlihat dari kejauhan, kadang-kadang disinari dengan sorot cahaya redup. Banyak versi dari cerita ini. Menurut beberapa sumber, Legenda ini berasal dari Belanda, sementara itu yang lain meng-claim bahwa itu berasal dari sandiwara Inggris The Flying Dutchman (1826) oleh Edward Fitzball dan novel “The Phantom Ship” (1837) oleh Frederick Marryat, kemudian di adaptasi ke cerita Belanda “Het Vliegend Schip” (The Flying Ship) oleh pastor Belanda A.H.C. Römer. - wikipedia

Beberapa versi cerita The Flying Dutchman 

http://colekcolek.com/wp-content/uploads/2012/02/the-flying-dutchman1.jpg

Kisah pelayaran kapten Bernard Fokke
Pada abad ke-17 seorang kapten belanda yang bernama Bernard Fokke membawa para awaknya untuk mengarungi lautan dari Belanda ke pulau Jawa. Bernard mengarungi lautan dengan kecepatan yang luar biasa, ia dicurigai telah meminta bantuan iblis untuk melakukannya. 

Ditengah pelayarannya menuju Tanjung Harapan tiba-tiba cuaca memburuk sehingga membuat kapalnya oleng. Para awak meminta supaya pelayaran dihentikan tetapi permintaannya itu ditolak oleh sang kapten. Bernard berkata "aku bersumpah tidak akan mundur dan akan terus menembus badai untuk mencapai kota tujuanku, atau aku beserta semua awak kapalku akan terkutuk selamanya" . Tetapi, kapal dan seluruh awaknya itu kalah melawan kekuatan alam dan terkutuklah sang kapten beserta para awaknya.  

Konon, kapal tersebut dikutuk untuk melayari 7 samudera sampai akhir zaman.

Adanya penyakit berbahaya di kalangan awak kapal
Cerita lain mengatakan bahwa adanya penyakit berbahaya di kalangan awak kapal sehingga mereka tidak diijinkan untuk berlabuh di pelabuhan manapun. Menurut beberapa versi, ini terjadi pada tahun 1641, yang lain menebak tahun 1680 atau 1729. 

Kapten Van Der Decken yang dikutuk Tuhan
Dalam novel karya Frederick Marryat yang berjudul "The Phantom Ship dan dalam opera Richard Wagner diceritakan bahwa, seorang kapten asal Belanda yang bernama Van Der Decken telah mengutuk Tuhan dan ia dihukum untuk mengarungi lautan selama hidupnya.


Kisah-kisah penampakan kapal The Flying Dutchman

http://3.bp.blogspot.com/-SpylDikJOR8/TdvFOSIHiSI/AAAAAAAAAgo/wFsW5P1vyfU/s1600/flying-dutchman.jpg

Sudah banyak kisah tentang penampakan kapal hantu The Flying Dutchman yang dilihat para pelayar dan berikut ini adalah kesaksian dari para pelayar yang dikutip dari wikipedia :

1823 : Kapten Oweb , HMS Leven mengisahkan telah dua kali melihat sebuah kapal kosong terombang ambing ditengah lautan dari kejauhan , namun dalam sekejap mata kapal tersebut kemudian menghilang.

1835 : Dikisahkan pada tahun itu , sebuah kapal berbendera Inggris yang terkepung oleh badai ditengah samudera, didatangi oleh sebuah kapal asing yang disebut-sebut sebagai Kapal Hantu The Flying Dutchman , kemudian secara tiba-tiba kapal asing tersebut mendekat dan seakan-akan ingin menabrak kapal mereka , namun anehnya sebelum keduanya saling berbenturan kapal asing tersebut kemudian lenyap seketika.

1881 : Tiga orang anak kapal HMS Bacchante termasuk King George V telah melihat sebuat kapal tak berawak yang berlayar menentang arus kapal mereka. Keesokan harinya , salah seorang daripada mereka ditemui mati dalam keadaan yang mengerikan.

1879 : Anak kapal SS Pretoria juga mengaku pernah melihat kapal hantu tersebut.

1939 : Kapal ini terlihat di Mulkzenberg , beberapa orang yang menyaksikannya terkejut kerana kapal usang tersebut tiba-tiba menghilang

1941 : Beberapa saksi mata dipantai Glencairn melaporkan sebuah kapal usang yang menabrak batu karang dan terpecah belah , namun setelah dilakukan penyelidikan di TKP , tidak ada tanda-tanda dari bangkai kapal tersebut.

1942 : Empat orang saksi telah melihat sebuah kapal kosong memasuki perairan Table Bay kemudian menghilang.Seorang pegawai telah mendokumentasikan penemuan tersebut di dalam catatan hariannya.

1942 : Penampakan The Flying Dutchman kembali terlihat oleh awak kapal laut militer M.H.S Jubilee di dekat Cape Town di bulan agustus 1942

1959 : Awak kapal Straat Magelhaen kembali melaporakan melihat sebuah kapal misterius yang terombang-ambing ditengah lautan dalam keadaan kosong dengan teleskopnya.


Gambaran Flying Dutchman di film The Pirates of Caribbean 
Flying Dutchman di film The Pirates of Caribbean
Dalam film The Pirates of Caribbean, The Flying Dutchman adalah kapal hantu yang kapalnya yang berlumut dan dipenuhi oleh para awaknya yang abadi (Mayat hidup)  dan kapal ini bersifat antagonis.
Gambaran para awak The Flying Dutchman di film The Pirates of Caribbean
Kapal ini pertama kali muncul di seri "Dead Man's Chest". Di film tersebut, kapal The Flying Dutchman dipimpin oleh tokoh fiksi yang bernama "Davy Jones".

Kapal ini juga diceritakan mampu memanggil monster laut, yakni Kraken. Biasanya Kraken dipanggil oleh Davy Jones untuk menghancurkan kapal lawan.




Video 


Meski sudah banyak kisah yang menceritakan penampakan kapal hantu ini, belum ada satupun yang telah terbukti kebenarannya. Semua cerita tersebut hanya omongan saja, tidak ada bukti sama sekali.

No comments:

Post a Comment

Copas artikel ini boleh, tapi sertakan dengan sumbernya ya.. Terima kasih.