Wednesday, February 5, 2014

Legenda Nessie - Monster Danau Loch Ness

Monster ini pernah saya singgung di post sebelumnya, tetapi hanya sekilas saja. Apa sih Nessie ? Dari mana asalnya ? Beneran ada ? Semua tentang Nessie akan kita ulas disini

http://static.ddmcdn.com/gif/scary-stories-nessie2.jpg
Gambaran sosok Nessie menurut para ilmuan
Nessie adalah hewan misterius dan belum teridentifikasi keberadaannya yang dianggap mendiami sebuah loch (Danau) di Skotlandia, yaitu danau Loch Ness, danau air tawar terbesar (berdasarkan volume air danau tersebut) di Inggris Raya.  

Nessie biasanya dikategorikan sebagai monster danau.
 
Bersama dengan Bigfoot dan Yeti, Nessie adalah salah satu misteri yang sangat terkenal dari kriptozoologi (Apa itu kriptozoologi ? klik disini ) Sebagian besar ilmuwan dan para ahli lainnya menganggap Nessie hanyalah hoax belaka, hasil imajinasi manusia saja. Akan tetapi, masih banyak orang yang menganggap hewan ini benar-benar ada, dengan teori yang paling populer menggapnya sebagai seekor plesiosaurus yang tinggal di danau loch ness. - wikipedia

Laporan penampakan Nessie

Foto Dr Robbert Kenneth Wilson (1934)
Foto Nessie yang diambil oleh Wilson, 1934
Laporan yang paling menggeparkan adalah laporan yang diberikan oleh Dr.Robert Kenneth Wilson. Dalam fotonya, Nessie terlihat sedang menampakkan kepala dan lehernya yang panjang. Foto ini sangat kontroversi dan dari foto ini muncul beberapa dugaan hewan apa sebenarnya Nessie ini.

Alastair Boyd dan temannya David Martin adalah salah dua orang yang menentang keberadaan Nessie. Martin berhasil membuktikan bahwa foto Wilson hanyalah lelucon belaka.

Setelah diselidiki, foto itu ternyata dibuat oleh Duke Wetherell dan putranya Ian. Nessie yang mereka foto pun palsu. Monster itu dibuat oleh putra tiri Duke yang bernama Spurling.

Pada tahun 1994, Martin berhasil menemui Spurling. Martin mengorek keterangan dan mendengar pengakuan Spurling tentang foto itu. Saat ditemui Martin, Spurling sudah berumur 93 tahun dan dia merasa bersalah telah membohongi banyak orang.

Video Dinsdale (1960)


Pada tahun 1960 , Tim Dinsdale seorang insinyur aeronautika mengaku bahwa ia telah menangkap penampakan Nessie menggunakan kameranya. 

"Saat saya hendak merekamnya, objek itu langsung bergerak" kata Dinsdale


Dalam video itu, terlihat "punggung Nessie" yang hendak menyebrang danau. Video itu diambil dari jarak 40m jauhnya yang menyebabkan gambar pecah-pecah (pada saat itu teknologi yang ada belum canggih) . Video ini dibantah oleh beberapa ahli dengan alasan bahwa objek yang ada di video itu adalah bayangan yang dihasilkan dari sudut pengambilan gambar yang membelakangi matahari. Ada juga yang mengatakan bahwa itu adalah ikan besar yang hidup di danau tersebut.

Video Gordon Holmes (2007)
Pada tanggal 31 Mei 2007 Gordon Holmes mengaku bahwa dia telah menangkap gambar Nessie menggunakan kameranya. Berikut adalah videonya :


Laporan video Holmes dianggap sebagai palsu dan objek yang ada didalam video tersebut bukanlah Nessie. Para ahli mengatakan bahwa objek yang ada di video itu hanya fenomena biasa yang disebabkan oleh binatang-binatang di danau tersebut.

Gambar Sonar (2011)
Pada tanggal 24 Agustus 2011, Marcus Atkinson, seorang kapten perahu lokal di Loch Ness menangkap gambar sonar sepanjang 5 ft yang menggambarkan objek tak dikenal tampak mengikuti kapalnya selama dua menit pada kedalaman 75 meter. Atkinson mengaku tidak ada pikiran sama sekali bahwa objek itu adalah monster Nessie, dia beranggapan bahwa objek itu hanyalah ikan-ikan kecil yang hidup di danau itu
Pada April 2012, seorang ilmuwan dari National Oceanography Centre mengatakan bahwa objek yang ada di foto itu adalah ganggang dan zooplankton. Namun, Roland Watson, seorang cryptozoologist dan peneliti monster Loch Ness , mengkritik analisis ini. Ia menyatakan bahwa apa yang ada di foto itu bukanlah ganggang maupun zooplankton, karena ganggang dan zooplankton membutuhkan cahaya matahari yang cukup banyak untuk tumbuh dan hidup, sedangkan danau Loch Ness sangat gelap dan tidak ada cahaya matahari di kedalaman 75 meter.
  
Video David Elder (2013)


Laporan ini adalah laporan yang ada di post sebelumnya. Video ini di ambil oleh David Elder sendiri di Fort Agustus, 37 kilometer di ujung sebelah barat daya Loch Ness. Dalam videonya, terlihat sebuah gelombang yang berlangsung lama dan bewarna hitam. David meyakini bahwa satu-satunya yang dapat menyebabkan gelombang itu hanyalah objek hitam di permukaan danau. Tetapi para ilmuan tidak sependapat dengan apa yang dikatakan David, mereka cenderung mengatakan bahwa apa yang ada di video tersebut hanyalah fenomena biasa yang disebabkan oleh embusan angin.

Penjelasan  menurut para ahli

Belut raksasa
Pertama kali kisah Loch Ness muncul, para ilmuan beranggapan bahwa Nessie adalah belut raksasa yang hidup di pedalaman danau Loch Ness. Hal ini dikarenakan objek belut cocok dengan semua penampakan yang dilaporkan. Lalu teori ini dibantah karena belut tidak mempunyai leher.  

Gajah
Ahli biologi Dennis Power dan ahli geografi Donald Johnson mengatakan bahwa Nessie adalah hidung gajah. Mereka menyimpulkan tanggapan ini setelah melihat foto Dr. WIlson. Mereka mengatakan bahwa objek tersebut adalah hidung gajah yang keluar dari permukaan air yang berusaha mencari udara. Teori ini dibantah karena sangat kecil kemungkinan jika ada gajah di danau itu.
 
http://www.ghostinthemachine.net/nessie.jpg


Batang pohon
Lagi-lagi teori ini lahir dari foto Dr.Wilson. Beberapa ahli mengatakan bahwa objek yang ada di foto tersebut adalah batang pohon. Batang-batang pohon yang ada didalam air menjadi busuk dan gas-gas yang ada didalam pohon tidak dapat keluar dikarenakan tingkat resin yang tinggi. Dan pada akhirnya gas-gas ini memecahkan segel yang disebabkan oleh resin tersebut, hal ini sering kali menyebabkan batang pohon itu ke permukaan air.

Teori ini juga didukung dengan penemuan batang pohon yang menyerupai sosok Nessie oleh warga sekitar.




Efek optik
Teori ini mengatakan bahwa objek-objek yang ada di foto adalah efek optik yang dihasilkan lensa kamera. Tetapi teori ini tidak dapat digunakan untuk video, karena objeknya bergerak dan menghasilkan jejak di air.

Plesiosaurus 
Secara teoritis, Nessie dianggap para ahli sebagai makhluk purba yang masih hidup sampai saat ini. Mereka mengatakan bahwa Nessie adalah Plesiosaurus yang hidup berjuta-juta tahun yang lalu. Teori ini adalah teori yang paling banyak didukung oleh para ilmuan.

Plesiosaurus
HOAX
Banyak yang mengatakan bahwa Nessie hanyalah hoax belaka atau dongeng nenek moyang yang turun temurun. Ada juga yang mengatakan Nessie hanyalah hasil imajinasi saja. Hal ini dikarenakan keberadaan Nessie yang belum dapat dibuktikan kebenarannya sampai hari ini.

Source: id.wikipedia.org , google.com , en.wikipedia , youtube.com

No comments:

Post a Comment

Copas artikel ini boleh, tapi sertakan dengan sumbernya ya.. Terima kasih.